Hiasan

Kamis, 13 Maret 2014

Menjadi Usahawan Muda Yang Tangguh

Banyak orang yang membicarakan tentang Kewirausahaan, bahkan banyak yang bertanya , " Kenapa anda tidak mecoba Berwirausaha sejak usia muda? "
Saat mendengar kata itu, mungkin anda langsung berfikir dan bertanya pada diri anda, seperti ini :
"Apakah saya bisa berwirausaha sejak usia muda?"

                    
Hal seperti itu memang bisa membuat kita bingung dan ragu, karena kita belum tau hasilnya sebelum mencoba. Sebenarnya Bisa saja anda menjadi usahawan muda, kenapa tidak?
Ya, betul sekali anda bisa menjadi usahawan muda, karena di dunia ini sudah banyak usahawan mudah yang berhasil menjalankan usahanya.

Saya akan memberi tahu salah satu contoh pengusaha mudah yang sukses dan kisah hidupnya di jadikan sebuah film, mungkin dari anda ada yang sudah menonton film ini dan juga ada yang belum, judul film ini adalah TOP Secret : The Billionaire yang menceritakan seorang pengusaha muda asal Thailand bernama Top Ittipat, dengan alur cerita yang menarik karena banyak sekali pesan moral yang disampaikan melalui film ini. Kerja keras dan pantang menyerah menjadi inti dari perjalanan usaha nya untuk menjadi seorang pengusaha muda. Saat memulai menjadi usahawan, dia sering mendapat kan kesulitan , namun dia tidak pernah menyerah, selalu mencoba dan mencari cara agar berhasil, hingga dia akhirnya dengan kerja keras dan keberanian mengambil resiko dia berhasil melewati segala hambatan yang ada, sehingga dia berhasil menjual ruput laut yang enak dan laris di pasaran. Dialah seorang pengusaha yang menjual cemilan rumput laut 'Tao Kae Noi' , yang saat ini sudah terkenal di seluruh dunia.

Kisah tadi bisa menjadi inspirasi kita agar bisa menjadi usahawan muda.
Sebelum menjadi Usahawan Muda, pertama anda harus tau arti dari Kewirausahaan tersebut.
Kewirausahaan adalah suatu proses seseorang untuk mengejar banyaknya peluang yang memenuhi keinginan dan kebutuhanya, dengan berani mengambil resiko dan mencari cara untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dan terus berkembang. Sebenarnya, kewirausahaan mempunyai arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber lainnya karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya.

Setelah tau apa itu arti Kewirausahaan, sekarang anda harus tau bagaimana ciri-ciri dan sikap usahawan, dua hal ini sangat lah penting untuk anda agar bisa menjadi usahawan yang berhasil dan tangguh, agar anda selalu bisa mengejar kesempatan dalam masalah dan ancaman.

Ciri-ciri seorang usahawan :
-Selalu Percaya diri
-Harus Kuat
-Bisa mengendalikan secara internal
-Berorientasi kerja
-Selalu Toleran
-Selalu sangat ingin berprestasi
-Berani mengambil resiko dan suka pada tantangan.
-Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.

Sikap seorang usahawan :
-Mempunyai komitmen tinggi
-Kejujuran
-Kedisiplinan
-Inovatif dan Kreatif
-Mandiri
-Realistis

Untuk menjadi usahawan muda yang tangguh, anda juga perlu mengetahui Kelebihan dan Kelemahan dalam Berwirausaha, ini bisa di jadikan sebagai pegangan dalam menghadapi apapun yang terjadi saat anda berwirausaha nantinya, berikut Kelebihan dan Kelemahan dalam Berwirausaha :

a. Kelebihan

1. Akan terbuka lebar kesempatan untuk menjadi bos dalam perusahaan
2. Akan terbuka pelang yang besar untuk memperoleh manfaat dan keuntungan secara maksimal
3. Akan terlihat kita memiliki potensi sebagai wirausaha secara penuh.
4. Kita bisa membantu masyarakat dalam usaha.
5. Mendapatkan peluang untuk mencapai tujuan usaha yang kita kehendaki.

b. Kelemahan

1. Kita Bertanggung jawab penuh dan berat jika ada permasalahan bisnis.
2. Bekerja keras dan waktunya sangat panjang
3. Memiliki resiko yang sangat besar.
4. Mendapatkan penghasilan yang belum pasti, karena tergantung keadaan perdagangan.


Dalam berwirausaha anda harus memiliki strategi. Ini ada 5 strategi yang bisa anda lakukan:

1. Meningkatkan kemampuan kewirausahaan
kita harus meningkatan etos kerja, kreativitas dan inovasi, kemampuan membuat keputusan dan mengambil risiko, serta kerjasama yang saling menguntungkan dan dengan menerapkan etika bisnis.
 
2. Membudayakan kewirausahaan
Membudayakan kewirausahaan ialah mengarahkan wirausaha terutama kepada kegiatan ekonomi yang rasional, menguntungkan, berkelanjutan, dan dapat ditiru oleh masyarakat.
 
3. Memberdayakan sumber daya
Mendayagunakan sumberdaya adalah menggunakan sumber daya yang tersedia, baik yang ada pada Departemen maupun Instansi yang terkait dan masyarakat serta teknologi informasi.
 
4. Mendayagunakan sumberdaya
Menggunakan sumber daya yang tersedia, baik yang ada pada Departemen maupun Instansi yang terkait dan masyarakat serta teknologi informasi.
 
5. Memberdayakan Koperasi Simpan Pinjam dan Lembaga Keuangan Mikro
Dalam upaya mempermudah akses calon wirausaha baru terhadap sumbersumber permodalan untuk modal kerja, sebaiknya lembaga keuangan mikro dan koperasi simpan pinjam diberdayakan.    



Harus di ingat juga kita harus punya tujuan dan sasaran untuk menjadi usahawan, setiap memulai usaha kita perlu mempunyai tujuan yang jelas. 
Dengan semangat wirausaha yang sangat tinggi, rasa percaya dirinya sangat besar, serta tahan banting dan cemooh, selalu berani mengambil resiko, jangan pernah putus asa dan selalu berfikir positif, kita pasti bisa menjadi usahawan muda yang tangguh.

Menjadi Usahawan adalah pilihan bukan keharusan. Jadi kita harus siap untuk memilih menjadi usahawan atau tidak. Pilihan ada di tangan anda ! 
Jika anda ingin, ayo mulai dari sekarang untuk menjadi usahawan muda yang tangguh!



Rahasianya adalah meningkatkan produktivitas Anda. Strategi pemasaran hebat, produk hebat, akan percuma jika produktivitas kerja Anda sedikit. Produktivitas bukan berarti jumlah waktu yang Anda habiskan, namun lebih fokus kepada hasil. Meski kerja Anda sedikit, tetapi produktif jauh akan memberikan hasil ketimbang menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan bernilai rendah.Rahasia sukses berwirausaha setelah mental dan strategi yang jitu adalah produktivitas dalam mengeksekusi rencana Anda dan juga bagaimana tindakan-tindakan Anda memberikan hasil yang luar biasa. Artinya bukan sembarang bertindak.

Selangkapnya di: http://www.zonasukses.com/blog/rahasia-sukses-berwirausaha-meraih-keuntungan-sebesar-mungki
Referensi :
http://entreupreneurship.blogspot.com/2010/10/strategi-pengembangan-kewirausahaan.html
http://thismy1stblog.blogspot.com/2012/02/top-secret-billionaire.html
http://feripuput.blogspot.com/2010/11/tujuan-dan-sasaran-wirausaha.html
http://www.muslimbusana.com/bisnis/menjadi-usahawan-adalah-pilihan-bukan-keharusan/index.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Kewirausahaan http://kewirausahaan123.blogspot.com/2014/03/menjadi-usahawan-muda-yang-tangguh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar