Hiasan

Kamis, 11 Agustus 2011

Mapping, Quota, ReMapping

----Mapping adalah proses pemetaan yang di lakukan terhadap sebuah folder untuk dapat digunakan user pada client/ suatu cara untuk membuat drive maya yang bersumber dari komputer lain dalam jaringan.

Ikuti langkah-langkah untuk memetakan drive:
· Buka My Computer.
· Pada menu Tools, klik Map Network Drive.
· Di Drive daftar drop-down, tentukan huruf drive (menggunakan sisa surat dari AZ) untuk memetakan ke sumber daya bersama.
· Dalam Folder textbox, ketik nama server dan berbagi, dalam bentuk \ \ nama server\ nama berbagi atau klik Browse. Nama server adalah nama komputer yang berisi folder bersama. Nama Bagian nama berbagi folder.
· Pilih "Menyambung kembali di logon" kotak centang jika Anda ingin menyambung kembali ke drive yang dipetakan setiap kali Anda log on ke komputer Anda. Klik Finish.
· Dalam Nama pengguna dan sandi kotak dialog, di Nama pengguna, ketik nama pengguna Anda. Pada Password, ketik password anda.
· Sekarang, Anda dapat melihat drive yang dipetakan baru dibuat sebagai drive lokal pada My Computer. Jika Anda klik dua kali huruf drive, Anda akan melihat isi dari folder bersama.


----Remapping adalah berarti mendisconnectkan drive yang sudah di mapping sebelumnya menjadi belum di mapping.
caranya:
-buka my computer
-pilih drive yang sudah di mapping
-klik kanan pada drive yang sudah di mapping
-pilih disconnect

----Quota adalah jatah atau batas limit pemakaian. sebuah fitur yang dimiliki oleh NTFS yang mampu membatasi penggunaan ruangan hard disk untuk setiap pengguna jaringan. Fitur ini melibatkan pengaturan limitasi penggunaan media penyimpanan di dalam sebuah file server atau jenis-jenis media penyimpanan jaringan lainnya. Quota juga bisa di artikan batas limit pemakaian yang di sendiakan oleh server untuk client/user. dan quota bisa di artikan juga sebuah tool sistem administrasi yang digunakan untuk mengelola batasan resource berupa kapasitas ruang disk yang digunakan user. Sehingga kita memonitor dan membatasi penggunaan disk user maupun group. Di sini user atau group dapat dipaksakan hanya memiliki beberapa megabyite bahkan beberapa kilobyte saja di suatu partisi yang kapasitasnya bergiga-giga. Sehingga user tidak mengkonsumsi space disk melebihi kapasitas yang ditargetkan.

cara memberikan Quota mapping drive utk setiap user login:
apabila di windows 2000/2003 server coba di drive yang ada folder sharingnya klik kanan properties-klik tab Quota - check Enable quota management, lalu setting limit nya dan jika limitnya sudah di setting, klik ok.

contoh Quota Di dunia internet untuk tambahan contoh saja: quota bisa diartikan sebagai batas data yang bisa diambil (download) di internet dan batasan ditentukan oleh ISP yang kamu gunakan. Misalnya batasan waktu atau jumlah data.


CMIIW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar